Rumah tidak sekedar digunakan sebagai tempat tinggal, tapi rumah juga membantu penghuninya untuk bisa menemukan ispirasi dan lebih produktif. Untuk itu rumah harus dibuat dengan desain yang membuat nyaman. Di dunia ada banyak sekali desain rumah, seperti desain rumah tradisional sampai desain rumah modern.

Salah satu desain yang saat ini sedang banyak digandrungi adalah desain minimalis. Dimana desain tersebut ingin memberikan kesan sederhana, namun mengesankan. Desain rumah bisa dibuat berdasarkan keinginan dari penghuninya. Karena desain rumah akan memperlihatkan langsung karakter pemiliknya, misalnya desain rumah mewah.

Berikut ini adalah ulasan mengenai macam-macam desain rumah yang bisa Anda jadikan pengetahuan dan referensi untuk membangun rumah antara lain:

  1. Desain rumah kontemporer

Desain rumah kontemporer merupakan salah satu desain rumah yang paling banyak ditemukan di seluruh dunia. Berdasarkan prinsipnya, desain rumah kontemporer mirip dengan desain rumah minimalis. Tapi gaya kontemporer cenderung lebih memiliki bentuk desain rumah modern dan lebih variatif. Sehingga dapat dikatakan bahwa gaya kontemporer adalah gaya desain yang mengikuti perkembangan zaman.

  1. Desain rumah modern

Sebenarnya gaya rumah modern hampir sama dengan gaya kontemporer. Yang sedikit membedakan adalah desain rumah modern terlihat lebih kaku dengan bentuk kotak, namun terlihat desain yang mewah. Rumah dengan gaya modern cenderung lebih terbuka dengan banyak kaca-kaca besar atau lebar yang dipasang di bagian rumah.

  1. Desain rumah tradisional

Berbicara tentang konsep tradisional, tentu mengikuti keunikan atau kekhasan dari masing-masing daerah yang berbeda. Misalnya di Indonesia, rumah tradisional daerah Sumatera disebut rumah gadang, rumah tradisional Jawa disebut rumah joglo, dan masih banyak lagi. desain rumah tradisional tidak selalu harus 100% sama dengan aslinya, Anda juga bisa memberikan sentuhan desain rumah modern pada rumah tradisional dengan menambahkan furniture modern lainnya.

  1. Desain rumah mediteranian

Ciri-ciri desain rumah mediteranian adalah bentuknya yang elegan, klasik, memberi kesan mewah, dan desain rumah modern . Desain rumah mediteranian banyak ditemukan di Spanyol, Turki, Italia, dan Yunani. Rumah gaya mediteranian pasti memiliki pintu dan jendela-jendela yang tinggi dan besar, dan tinggi bangunan rumah bisanya tidak lebih dari dua lantai bangunan. Biasanya terdapat bagian sisi atap yang terbuka biasa digunakan untuk tempat duduk dan bersantai.

  1. Desain rumah Asian

Sama halnya dengan rumah tradisional, dimana setiap bagian Asia memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing. Namun yang paling mendominasi dari desain rumah Asian adalah penggunaan material bambu dan kayu di bagian tertentu.

  1. Desain rumah tropical

Arsitektur desain rumah tropical selalu mengutamakan penggunaan material kayu atau papan dan kesan natural seperti adanya pohon palm hingga kelapa di sekitar bagian rumah. Dibangun dengan desain pintu dan jendela yang berukuran besar agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik. Karakter desain rumah tropical tentu disesuaikan dengan daerah ang mempunyai iklim tropis. Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang dianggap cocok dengan desain rumah ini.

  1. Desain rumah industrial

Bangunan desain rumah industrial memang terkesan gelap, kuat, bahkan terlihat seperi kantor atau pabrik kecil. Konsep industrial dapat dilihat dari penggunaan material bata yang diekspos beton, dan elemen baja pada saluran pipa atau ventilasi ruangan rumah. Rumah dengan gaya industrial lebih menggambarkan kesan maskulin.

Itulah beberapa macam jenis desain rumah yang bisa Anda jadikan referensi dalam menentukan gaya bangunan rumah.