Arsitek rumah terbaik tentu kurang lengkap jika tidak didukung dengan furniture yang berkualitas, termasuk ranjang atau tempat tidur. Ranjang sangat menentukan kenyamanan pemilik rumah saat tidur dan beristirahat setiap hari. Dengan kata lain, ranjang merupakan furniture utama untuk sebuah rumah. Mengingat peran ranjang yang sangat penting, Anda perlu memilih furniture tersebut secara cermat agar memperoleh kenyamanan istirahat yang maksimal.  Supaya Anda tidak salah pilih furniture, berikut ini adalah beberapa jenis ranjang yang dapat digunakan untuk kamar tidur di rumah Anda.

Platform Bed atau Ranjang Panggung

Jenis ranjang ini juga sering disebut dengan ranjang kabin. Ranjang tersebut memiliki ciri khas bersih, sederhana, dan casual. Ranjang ini biasanya digunakan untuk arsitek rumah bergaya minimalis. Ranjang tersebut memiliki kerangka panggung sederhana dengan bentuk kotak dan terdiri dari papan kayu kisi-kisi geometris. Rangka tersebut cukup fleksibel karena cukup ringan dan mudah dipindahkan.

Rangka tersebut juga berguna sebagai ventilasi ranjang agar bebas dari jamur dan bau yang mengganggu sehingga lebih awet. Selain itu, rangka kotak tersebut juga tergolong kokoh untuk penopang sehingga tidak perlu pondasi matras pegas. Beberapa varian dari ranjang panggung juga dilengkapi dengan laci di bagian kolong.

Canopy Bed atau Ranjang Kanopi

Sesuai dengan namanya jenis ranjang ini dilengkapi dengan kanopi atau tudung di bagian atas yang disangga oleh 4 tiang di setiap sudut dengan ketinggian sekitar 1,2 meter di atas ranjang. Ranjang kanopi biasanya terbuat dari material kayu dengan banyak ornament hiasan ukiran di bagian headboard, footboard, dan tiang – tiangnya. Untuk desain ranjang kontemporer, bahan yang digunakan dapat berupa besi ukir menggunakan ornament dari kain pelapis.

Beberapa varian desain dari ranjang ini menggunakan tudung yang dibentuk menggunakan kain dekoratif yang dibuat saling silang antar tiang. Kain tersebut juga bisa dijulurkan ke bawah mengikuti tiang . Jenis kain yang digunakan untuk tudung biasanya adalah kain sutra atau sifon. Desain ranjang ini sangat cocok untuk melengkapi arsitek rumah terbaik bergaya klasik.

Four-Posters Bed atau Ranjang Empat Tiang

Ranjang yang satu ini hampir sama dengan ranjang kanopi tetapi tidak menggunakan kanopi. Jadi ranjang ini tidak menggunakan balok lintang antar tiang dan juga bingkai untuk penopang kanopi. Tiang yang terdapat di setiap sudut biasanya menggunakan material kayu berkualitas tinggi. Ranjang yang satu ini juga cocok untuk kamar tidur gaya klasik mewah.

Panel Beds atau Ranjang Bingkai

Jenis ranjang yang satu ini biasanya menggunakan material kayu dan memiliki bentuk mirip ranjang panggung. Ciri khas ranjang bingkai adalah memiliki 4 papan yang membingkai kasur di 4 sisinya. Selain itu, panel tersebut juga dapat diisi dengan matras pegas. Umumnya, ranjang bingkai lebih tinggi dibandingkan ranjang panggung. Bagian headboard atau sandarac kepala dibuat lebih tinggi dan dihiasi dengan hiasan ukir dan kain pelapis. Headboard dengan banyak hiasan ini berperan sebagai focal point untuk ranjang. Kadang, ranjang tersebut juga dilengkapi footboard yang lebih rendah dibandingkan headboard.

Sleigh Beds atau Ranjang Kereta Luncur

Ranjang yang satu ini terinspirasi oleh gaya Yunani dan Romawi. Jenis ranjang ini diperkenalkan sekitar abad ke-19 di Amerika. Ciri khas ranjang tersebut adalah memiliki footboard dan headboard melengkung ke luar sehingga menyerupai kereta luncur salju. Selain itu, headboard yang digunakan biasanya menggunakan bahan kulit dan kerangkanya dari kayu berat. Saat ini, ranjang kereta luncur juga sudah hadir menggunakan bahan metal untuk melengkapi arsitek rumah terbaik.