Pencahayaan merupakan salah satu elemen penting untuk dipertimbangkan di sebuah ruangan. Bagi Anda yang menyukai desain klasik atau berniat mendesain rumah bergaya klasik tentu sudah cukup familiar dengan lampu dekoratif chandelier. Lampu hias yang satu ini dapat menjadi pelengkap desain arsitek rumah 1 lantai yang ingin mendapatkan kesan tampilan mewah.

Di Indonesia, Chandelier lebih populer disebut dengan lampu gantung. Saat ini chandelier telah hadir dengan beragam bentuk, ukuran, dan warna yang dapat disesuaikan dengan desain arsitek rumah. Lampu ini memang telah mengalami sejarah yang panjang sejak awal hingga saat ini baik dari segi material maupun bentuk. Secara umum, chandelier dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

Crystal Chandelier

Jenis lampu dekoratif ini mampu memberikan efek yang mewah sekaligus dramatis di dalam desain arsitek rumah 1 lantai. Lampu gantung ini sangat cocok ditempatkan di tengah langit – langit ruang makan atau pintu masuk. Sesuai dengan namanya, chandelier ini menggunakan ornament-ornamen seperti kristal. Ada yang berwarna emas dan juga transparan.

Glass Chandelier

Chandelier dengan material utama dari kaca ini sangat cocok untuk pemilik rumah yang menginginkan lampu dekoratif mewah tetapi tidak terkesan berlebihan. Lampu dekoratif bergaya kontemporer ini akan memberikan kesan yang hangat tetapi tetap menonjolkan sisi modern dari lampu gantung tersebut.

Beaded and Shell Chandelier

Chandelier ini memiliki bentuk yang mirip dengan chandelier kristal tetapi menggunakan material seperti manik-manik dari kristal yang disusun sedemikian rupa. Keunikan dari lampu gantung ini juga terdapat pada penggunaan hiasan berupa mutiara sebagai ornamen sehingga memberikan kesan mewah

Chandelier Capiz

Jenis chandelier ini biasanya diaplikasikan untuk ruangan yang bersifat santai dan tidak formal seperti ruang keluarga. Walaupun terlihat lebih ringan dibandingkan jenis chandelier lainnya, chandelier ini tetap memerlukan tiang penyangga yang kuat untuk menahan beban lampu tersebut. Chandelier capiz saat ini telah hadir dengan beberapa bentuk yang unik di mana kebanyakan didominasi oleh warna putih.

Chandelier Mission

Chandelier ini sangat cocok untuk desain interior dengan gaya art deco. Jenis chandelier ini ada yang menggunakan 1 lampu utama dengan tudung berbentuk payung terbalik yang dihiasi dengan gambar ornamen khas art deco. Beberapa chandelier mission hadir dengan dudukan lampu antara 4 – 6 yang dihiasi dengan berbagai macam bentuk penutup.

Metal Chandelier

Jenis chandelier ini menggunakan material dari metal yang diberi ornament berbentuk panjang menjuntai dengan cahaya yang mengarah ke sumber cahaya. Chandelier ini memiliki hiasan dekorasi berupa kurva atau huruf S. Untuk menampilkan kesan yang lebih modern, dekorasi yang digunakan biasanya berbentuk geometris.

Antler Chandelier

Jenis chandelier ini memiliki bentuk seperti tanduk rusa dengan tampilan yang unik untuk arsitek rumah 1 lantai. Tetapi karena rusa saat ini semakin jarang dan sudah dilindungi, penggunaan chandelier ini pun semakin jarang.

Candle Style Chandelier

Ini adalah bentuk asli chandelier. Jenis chandelier ini biasanya sudah dilengkapi dekorasi berupa mangkuk dan digunakan sebagai tempat untuk meletakkan lampu atau lilin di jaman dulu. Chandelier ini masih mempertahankan desain asli tetapi dengan kustomisasi yang disesuaikan dengan trend masa kini. Chandelier tersebut biasanya memiliki 5 dudukan lampu atau lebih dengan lampu berbentuk seperti lilin

Shades Chandelier

Sekilas desain chandelier ini hampir sama dengan candle style chandelier. Tetapi setiap lampu pada chandelier ini sudah dilengkapi dengan semacam tudung yang memiliki desain unik dan cantik. Selain menambah estetika, cahaya lampu yang dipancarkan pun tidak berlebihan