Pagar adalah objek pertama yang terlihat dari rumah. Pagar memiliki fungsi untuk memberi keamanan, atau sekedar memberi batas tempat dengan jalan umum, atau rumah tetangga. Namun lebih dari itu, pagar juga berfungsi untuk menyambut tamu atau orang-orang yang datang dan memberikan kesan pertama saat berkunjung.

Pagar termasuk dalam bagian interior rumah yang perlu diperhatikan. Terdapat banyak jenis pagar yang bisa diaplikasikan pada hunian Anda. Anda juga bisa menentukan sendiri desain pagar. Memang pagar hendaknya harus disesuaikan dengan desain rumah, misalnya desain pagar rumah mewah untuk rumah yang mewah. Namun, pagar dapat dibuat biasa saja dengan desain rumah mewah atau sebaliknya rumah yang sederhana dan biasa saja bisa memiliki pagar yang mewah.

Jika Anda termasuk yang menginginkan desain pagar rumah mewah, berikut adalah beberapa tips cara membuat pagar rumah mewah antara lain:

  1. Tentukan ukuran tinggi pagar

Pertama-tama yang harus dilakukan saat ingin membuat desain pagar rumah mewah tentunya mengukur tinggi pagar yang diinginkan. Ukuran pagar pada umumnya adalah lebar 300 cm sampai 500 cm dan tingginya sekitar 150 cm sampai dengan 250 cm.

Pagar juga harus disesuaikan dengan kondisi rumah. Jika bagian rumah terdiri dari dua lantai, maka pagar harus tinggi dan besar. Jangan sampai membuat pagar yang terlalu rendah untuk menghindari adanya orang asing yang dapat masuk dengan sembarangan.

  1. Perhatikan material pagar

Berbicara tentang material pagar, ada banyak sekali macamnya seperti kayu, besi, marmer, beton, dan lain sebagainya. Pemilihan material juga berkaitan dengan kondisi sekitar rumah. Jika lingkungan rumah dirasa memiliki keamanan yang kurang, maka Anda bisa memilih material besi atau beton. Selain itu pemilihan material juga hendaknya disesuaikan dengan eksterior rumah. Jika rumah memiliki eksterior bebatuan, Anda bisa memakai material pagar dari batu alam juga atau ukiran besi yang mewah. Material kayu juga dapat memberikan kesan tersendiri, namun untuk desain pagar sebaiknya gunakan material yang benar-benar kuat seperTi besi atau baja.

  1.  Warna dingin memberi kesan pagar yang mewah

Agar desain pagar rumah mewah yang Anda miliki semakin terlihat indah dan terkesan megah lagi, pemilihan warna bisa menjadi kuncinya. Sebaiknya pilihlah warna-warna pagar yang dingin dan menyejukkan mata. Misalnya jika rumah Anda berwarna cerah, maka pilihlah warna pagar yang lebih gelap, lembut, dan dingin seperti cream, abu-abu, atau hitam.

  1. Desain pagar

Jangan pernah mengambil risiko ekstrem dalam membuat pagar. Anda cukup menjadikan rumah Anda sendiri sebagai referensi dalam membuat pagar yang Anda inginkan. Sebaiknya jangan menggunakan banyak ornamen pada pagar, dan hindari desain pagar yang terlalu glamor. Jangan sampai Anda melakukan kekeliruan, seperti untuk rumah desain minimalis  Anda membuat pagar yang rumit atau berlekuk-lekuk seperti tampilan pagar rumah klasik.

Apabila rumah Anda bergaya minimalis, maka desain pagar cukup dengan garis lurus saja. Hal tersebut tidak akan membuat rumah minimalis Anda terlalu biasa, namun gaya minimalis dapat memberikan kesan mewah dan menawan.

Demikianlah tips membuat desain pagar rumah mewah dan hal-hal yang perlu diperhatikan agar tampilan pagar Anda menjadi mewah dan menawan. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan desain dan jenis pagar, Anda juga bisa mendatangi desain interior dan eksterior rumah mewah.