Jasa arsitek rumah minimalis merupakan layanan yang khusus merancang model – model rumah hunian minimalis masa kini. Seperti yang diketahui, rumah minimalis hadir dengan ciri khas dan karakteristik yang memudahkan siapapun untuk membedakannya dengan desain rumah lainnya. Saat ini rumah bergaya minimalis lebih banyak diminati karena menawarkan beberapa kelebihan. Selain di Indonesia, rumah minimalis juga sangat populer di berbagai belahan dunia. Untuk membantu Anda mendapatkan hunian minimalis, berikut ini adalah ciri – ciri atau karakteristik dari rumah minimalis

Arsitektur Berbentuk Geometris Dengan Dekorasi Minim

Rumah bergaya minimalis memiliki kesederhanaan yang dapat dilihat dari keseluruhan bentuk bangunan. Rumah minimalis biasanya berbentuk geometris seperti kubus atau persegi panjang. Beberapa rumah tersebut bahkan tidak menggunakan atap berbentuk segitiga melainkan atap berbentuk datar. Selain itu, bagian fasad bangunan rumah juga tidak menggunakan dekorasi. Hal itulah yang menjadikan rumah minimalis tidak sama dengan model – model rumah pada umumnya.

Bagian jendela dari rumah tersebut bahkan tidak memiliki detail yang rumit dan tetap menggunakan bentuk geometris berupa persegi biasa. Meskipun menggunakan bentuk – bentuk sederhana dengan garis tegas, hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri untuk rumah tersebut karena terlihat sederhana tetapi elegan.

Mempunyai Banyak Ruang Terbuka

Rumah minimalis menggunakan ruang yang terbuka dengan tata letak sederhana. Jadi, tidak banyak dinding penyekat yang digunakan di rumah tersebut sehingga ruangan terlihat lebih lapang walaupun lahan rumah yang tersedia cukup sempit. Selain itu, beberapa orang biasanya hanya menggunakan furniture yang penting atau diperlukan sehingga ruangan tidak terkesan sempit karena penggunaan furniture yang terlalu banyak.

Rumah minimalis lebih fokus pada fungsi daripada keindahan ruangan. Jadi wajar jika furniture yang digunakan di rumah tersebut adalah furniture multi fungsi dengan beberapa manfaat sehingga ruangan tidak dipenuhi oleh furniture yang tidak penting atau hanya sekedar menjadi hiasan.

Material Bangunan Sederhana

Rumah minimalis biasanya menggunakan bahan bangunan yang sederhana. Meskipun material tersebut sederhana dan mudah dijumpai, material tersebut tetap memiliki daya tarik tersendiri. Dengan teknik pembangunan dan kreativitas dari jasa arsitek rumah minimalis, bahan sederhana tersebut mampu terlihat menarik dan berkelas sehingga keindahan rumah minimalis tidak kalah dengan desain rumah lainnya. Dengan material sederhana, biaya yang diperlukan untuk proses pembangunan tidak akan terlalu besar.

Minim Pembatas Ruangan

Rumah minimalis biasanya tidak menggunakan pembatas atau sekat ruangan. Tujuan utama dari hal ini adalah supaya ruangan terlihat lebih lapang karena lahan yang tersedia terbatas. Dengan menggunakan pembatas ruangan, interior pun akan terkesan sempit. Apalagi jika ditambah dengan furniture, ruangan akan semakin terkesan penuh. Jadi wajar jika orang – orang menggunakan sedikit furniture supaya area ruangan tidak sempit.

Namun beberapa ruang yang bersifat pribadi seperti kamar mandi dan kamar tetap menggunakan pembatas ruangan. Sedangkan untuk ruangan seperti ruang tamu dan dapur umumnya tidak menggunakan pembatas

Itulah beberapa ciri desain rumah minimalis. Jika Anda menggunakan jasa arsitek rumah minimalis, mereka biasanya akan berpedoman pada ciri – ciri tersebut untuk merancang rumah impian Anda. Saat ini sudah terdapat banyak jasa arsitek dengan keahlian dan spesialisasi masing – masing. Untuk arsitek yang memfokuskan diri pada desain minimalis, mereka sudah berpengalaman dalam membuat desain rumah – rumah hunian minimalis dalam berbagai ukuran mulai dari tipe yang paling kecil hingga tipe yang besar.