Inspirasi Desain Rumah Klasik Yang Tidak Lekang Oleh Zaman dan Tetap Menjadi  Favorit Kalangan Konglomerat Indonesia

Inspirasi Desain Rumah Klasik Yang Tidak Lekang Oleh Zaman dan Tetap Menjadi Favorit Kalangan Konglomerat Indonesia

Desain rumah klasik memang selalu menjadi pilihan favorit di kalangan konglomerat dan seleb tanah air. Karena dari sisi interior maupun eksterior, desain rumah klasik memiliki ciri khas yang menegaskan bahwa rumah tersebut memang elegan dan mewah. Apalagi desain klasik modern sangat kental dengan sentuhan seni Yunani dan Romawi yang membuat rumah tersebut berbeda jika dibandingkan dengan rumah lainnya. 

Selain itu, desain rumah klasik memang patut diakui sebagai desain yang tidak pernah lekang oleh zaman, salah satunya pada bagian pengimplementasian arsitektur bangunannya. Menegaskan desainnya yang tidak pernah ketinggalan zaman, desain rumah klasik digadang-gadangkan akan tetap menjadi trend rumah paling diminati untuk tahun-tahun kedepannya, terlebih untuk kalangan selebriti, pejabat dan para konglomerat. 

Dengan adanya berbagai desain rumah klasik, anda bisa membangun rumah impian sebagaimana referensi konsep rumah seperti ini. Jika anda sudah merasa cukup dari segi finansial, anda mungkin perlu untuk bersiap-siap merogoh kocek yang agak dalam untuk mulai membangun rumah klasik yang anda impikan. Karena untuk mewujudkan impian desain rumah klasik memang diperlukan dana yang terbilang banyak agar hasilnya sesuai dengan apa yang anda mau. 

Sebelum anda memutuskan untuk membangun sendiri rumah klasik impian anda ataupun menggunakan jasa arsitektur dan kontraktor yang handal, ada baiknya anda mencari dulu referensi desain rumah klasik seperti apa yang saat ini sedang tidak pernah lekang oleh zaman. Lewat artikel kali ini, RUMAH KLASIK akan memberikan referensi desain rumah klasik yang paling diminati kalangan konglomerat Indonesia dengan desainnya yang tidak pernah lekang oleh zaman.

Desain Rumah Klasik Bergaya Early Classical Revival 

Desain rumah klasik yang satu ini mengambil pengaruh dari bentuk kuil-kuil Yunani dan Romawi. Kunci dari desain Early Classical Revival adalah bangunan dengan teras bertingkat dua yang digabungkan dengan pilar-pilar kokoh pada bagian depan bangunan yang menyambung ke balkon rumah, dengan atap berbentuk segitiga di atasnya dan bentuk jendela serta ornamen eksterior bangunan yang simetris agar bangunan rumah menonjolkan kesan megah. Desain rumah klasik ini dapat anda jumpai di kota-kota besar di Eropa seperti Roma dan Paris. Sebagai contoh bangunan yang diadaptasi gaya Romawi dan Yunani Early Classical Revival adalah Balai kota Jakarta dan Istana Kepresidenan Republik Indonesia, ada pula bangunan bernama Stanton Hall di Mississippi yang dibangun pada tahun 1859. 

Desain Rumah Klasik Greek Revival 

Jika dilihat sekilas, bentuk desain rumah klasik bergaya Greek Revival memiliki kesamaan dengan Early Classical Revival, yang membuat keduanya berbeda adalah bagian cornice nya atau bagian yang menonjol di bawah atap. Bagian ini berupa ukir-ukiran dan tonjolan seperti pada bangunan Yunani kuno. Pada desain rumah klasik bergaya Greek Revival, bagian cornice nya lebih sederhana. Desain rumah klasik bergaya Greek Revival menggunakan batuan secara keseluruhan untuk membangun dinding eksterior, namun ada pula cara alternatif untuk mengganti batuan tersebut dengan kayu yang diplester dan dicat sehingga menyerupai batu. Pada abad ke-19 rumah dengan gaya ini banyak diadaptasi ke dalam bentuk townhouse seperti yang berada di Greenwich Village, Manhattan yang dibangun pada tahun 1844 dengan bentuk display yang anggun dan mewah. 

Desain Rumah Klasik Neoclassical 

Desain rumah klasik bergaya Neoclassical mengadaptasi bentuk dari kuil bangunan palladian dengan kolom yang banyak, serta bangunan blok klasik. Anda dapat mengenali desain ini dari bentuk bangunannya simetri yang mengacu kepada proporsi Yunani, lalu kolom-kolom besar yang berdiri bebas yang terdapat di teras dan berjumlah genap, keunikan lainnya adalah jumlah jendela yang selalu berjumlah genap, diletakkan di fasad rumah dan diapit oleh jendela yang semuanya berjumlah genap. 

Dari beberapa referensi desain rumah klasik di atas, anda pasti sudah dapat mengidentifikasi ciri khas dari desain rumah klasik. Hal yang paling terlihat jelas adalah pilar-pilar yang selalu menjulang di bagian fasad rumah oleh ukiran-ukiran yang kompleks serta menjunjung tinggi bentuk simetri yang dibangun secara keseluruhan dengan bentuk bulat dan kokoh, sangat jelas bahwa desain rumah klasik memang masuk ke dalam jajaran rumah mewah. Penggunaan ukiran-ukiran dan ornamen seperti patung dan lukisan menjadi nilai tambah yang luar biasa pada rumah bergaya klasik Yunani dan Eropa. Namun, desain rumah klasik juga tidak selalu berpatok pada adaptasi desain dari Yunani dan Romawi, ada pula desain rumah klasik yang mengadaptasi dari budaya negara-negara lain yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda.

Desain Rumah Klasik Perancis 

Interior pada desain rumah klasik Perancis menitikberatkan kepada furniture yang antik beserta seluruh perabotan yang bersifat kuno bergaya kerajaan Perancis. Ada karakteristik tersendiri dari desain rumah klasik Perancis yaitu penggunaan bunga sebagai hiasan di dalam rumah yang selalu ada di setiap sudut ruangan. Jumlah jendela pada rumah klasik Perancis ini memiliki kesamaan dengan rumah lainnya di Eropa yaitu enam jendela yang ditempatkan di sisi rumah dan dua jendela besar di bagian depan rumah sebagai elemen yang menegaskan kesan megah dan mewah pada bangunan tersebut. 

Desain Rumah Klasik Spanyol 

Desain rumah klasik Spanyol menggunakan gaya mediterania dengan warna pada bangunannya yang lebih bervariasi dibandingkan dengan desain rumah klasik klasik lainnya sehingga rumah klasik Spanyol dapat membawa kesan pedesaan yang damai dan nyaman. Gaya Mediterania sendiri mengacu kepada bentuk desain yang santai dan ramah serta didominasi oleh ornamen, furniture, serta desain ala rustic. Desain rustic memiliki keunikan tersendiri yaitu pada beberapa bagian bangunan sengaja tidak diselesaikan atau terlihat menonjol keluar, seperti tiang penyangga atap yang dibiarkan atau bagian tembok yang tidak diplester. Desain rumah klasik bergaya Spanyol juga selalu memiliki perapian yang berada di tengah ruang keluarga. 

Desain Rumah Klasik China 

China, atau yang diberi julukan negeri tirai bambu pun tidak ketinggalan untuk memberikan desain rumah klasik dari negaranya. Pada bagian desain bangunannya, rumah klasik ala China memiliki kesamaan dengan rumah ala Jepang dengan unsur bangunan yang terbuka, namun ada perbedaan yang mencolok dari desain rumah klasik China, yaitu pemilihan warna yang berani pada bagian interiornya. Hal ini mungkin terpengaruh dari kebudayaan turun temurun yang memiliki sejarah panjang selama ribuan tahun. Warna-warna seperti merah, hitam, dan glossy beraksen emas adalah pilihan yang sering diterapkan pada rumah ini, didukung oleh dekorasi yang terbuat didominasi dari bahan bambu yang menegaskan ciri khas negaranya. 

Untuk mewujudkan desain rumah klasik yang memiliki kesan mewah, anda dapat berkonsultasi ke RUMAH KLASIK. RUMAH KLASIK adalah kontraktor, jasa arsitektur, serta desain interior yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidangnya. Kami telah menjadi pioneer arsitek dan kontraktor hunian dengan tema klasik. Sehingga, membuat hunian dengan kesan yang mewah sudah menjadi keahlian kami. Segera hubungi tim Rumah Klasik melalui website kami di sini!

Most read

Contact Us

Casa De Amore Building

Zona Amerika – Malibu – Kav B / 01

Kota Deltamas – Cikarang Pusat

Telepon: +62 816 191 6699

Email: marketing@rumahklasik.com

© 2024 Rumah Klasik

  Back to Top

Get Easly in Touch:

Contact Us

Casa De Amore Building

Zona Amerika – Malibu – Kav B / 01

Kota Deltamas – Cikarang Pusat

Telepon: +62 816 191 6699

Email: marketing@rumahklasik.com

© 2024 Rumah Klasik

All Rights Reserved

Compare Listings