Pentingnya Fasad Pada Desain Arsitektur Rumah Klasik

Pentingnya Fasad Pada Desain Arsitektur Rumah Klasik

Memiliki rumah yang nyaman adalah dambaan bagi semua orang. Baik itu rumah dengan desain arsitektur bergaya modern, minimalis, ataupun rumah dengan desain arsitektur jenis lainnya. Tidak hanya nyaman untuk ditempati saja, rumah pun harus nyaman untuk dipandang. Sebab seringkali rumah dijadikan cerminan atas kepribadian penghuninya, serta bisa menunjukkan karakter dari pemiliknya. 

 

Ada berbagai hal penting yang wajib dihadirkan pada desain arsitektur rumah klasik anda baik dari segi interior maupun eksterior. Mulai dari pengaturan denah ruang, bukaan ventilasi untuk sirkulasi udara, penataan cahaya, dinding, lantai, atap, termasuk desain fasad hunian yang bisa menjadi “wajah” dari rumah anda. 

 

Fasad merupakan bagian eksterior atau bagian luar dari desain arsitektur rumah yang Anda miliki. Biasanya fasad ini terletak pada bagian bangunan, tetapi tidak jarang juga ditempatkan pada bagian samping atau belakang rumah. Apabila Anda memiliki rumah modern dengan gaya arsitektur tertentu, maka gaya bangunan fasad pun akan mengikuti. 

 

Fungsi Fasad Rumah 

 

Sebagai wajah dari desain arsitektur rumah klasik yang Anda miliki, fasad bisa menunjukkan karakter serta keindahan hunian yang ditinggali. Selain itu, ada pula beberapa fungsi lain dari fasad yang tentunya bermanfaat untuk hunian anda seperti: 

 

  1. Pembeda Bangunan Yang Satu Dengan Yang Lain

 

Jika setiap desain arsitektur rumah tidak memiliki fasad, akan ada kesulitan untuk membedakan bangunan yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, anda perlu membangun fasad rumah klasik dengan ciri khas desain arsitektur tersendiri agar bisa menjadi pembeda rumah anda dengan rumah tetangga di sekitar anda. 

 

  1. Menambah Nilai Estetika Hunian 

 

Sebagai hal yang pertama kali dilihat oleh orang saat melewati rumah Anda, tentunya fasad harus dibangun dengan desain arsitektur yang menarik sehingga nilai estetika hunian pun meningkat. Hal ini dapat anda lakukan dengan menyesuaikan gaya fasad dengan desain arsitektur hunian untuk membuat rumah klasik anda lebih terkonsep dan indah. 

 

  1. Representasi Rumah Yang Ditempati 

 

Fasad rumah klasik yang anda buat dapat menggambarkan sebagian atau bahkan seluruh bagian rumah. Saat orang melihat fasad hunian anda, mereka bisa mendapat gambaran seperti apa desain arsitektur yang ada di dalamnya. 

 

  1. Memberikan Ketahanan Pada Hunian 

 

Pembangunan fasad rumah klasik tidak hanya berkaitan dengan nilai estetika pada desain arsitekturnya saja. Namun berfungsi untuk ketahanan hunian anda. Biasanya material yang dipakai pada fasad memiliki ketahanan yang baik dalam menghadapi perubahan cuaca. Sebab pada dasarnya, fasad harus mampu melindungi hunian dari cuaca buruk dari angin sampai hujan.

 

Fasad Rumah Bergaya Klasik 

 

Bagi Anda yang ingin memiliki hunian elegan dan mewah, tidak ada salahnya untuk membangun fasad rumah bergaya klasik. Gaya rumah ini memiliki pesona yang tak lekang oleh waktu. Desain arsitektur klasik pada hunian cenderung rumit serta memiliki banyak ornamen yang menghasilkan desain arsitektur rumah yang bernilai seni tinggi. Hal ini membuat rumah klasik menjadi pilihan gaya arsitektur yang menarik dan memberikan keunikan tersendiri pada hunian. 

 

Desain arsitektur bergaya klasik memang memiliki banyak ornamen, hal ini membuat tidak sedikit orang yang enggan untuk menggunakan gaya klasik karena khawatir desainnya  akan terlihat berlebihan. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi karena anda dapat membuat fasad dengan konsep yang lebih sederhana. Sehingga anda dapat memiliki hunian yang tetap minimalis dengan sentuhan desain arsitektur bergaya khas Yunani atau Romawi. 

 

Karakter Fasad Rumah Klasik

 

Umumnya, gaya klasik ini memiliki bentuk yang simetris pada bagian kiri dan kanan fasad sehingga hunian terlihat lebih rapi dan presisi untuk desain arsitekturnya. Untuk bisa memahami seperti apa fasad rumah bergaya klasik, RUMAH KLASIK telah merangkum 3 karakter utama dalam rumah klasik. Simak penjelasan berikut. 

 

Ornamen Pilar 

 

Pada rumah bergaya klasik, ornamen yang paling sering muncul adalah pilar. Memiliki dua peran untuk hunian, pilar dapat digunakan untuk tujuan dekoratif atau sebagai penopang struktur bangunan agar semakin kokoh. Ini tentunya bisa membuat hunian anda memiliki desain arsitektur yang terkesan kuat dan elegan. 

 

Model pilar yang digunakan pada fasad rumah klasik mengarah pada gaya bangunan Yunani maupun Romawi kuno. Biasanya pilar ini dibuat dengan bahan semen, batu bata, atau kombinasi dari keduanya. Agar terlihat semakin berkelas, pilar bangunan dibalut dalam warna cerah seperti putih atau krem sehingga menghasilkan desain arsitektur yang semakin berkelas dan timeless. 

 

Detail Pada Jendela 

 

Apabila Anda perhatikan, rumah bergaya klasik selalu memiliki jendela dengan tepi molding. Molding adalah teknik dekorasi rumah yang memakai cetakan. Hal ini ditujukan agar ornamen yang dibuat sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Pemakaian molding pada jendela hunian dapat memberikan kesan mewah sehingga rumah anda akan memiliki desain arsitektur yang tampak sangat megah. 

 

Model Pintu 

 

Pintu merupakan elemen desain arsitektur rumah yang penting. Sebagai entrance untuk masuk ke dalam hunian, pintu juga bisa berfungsi sebagai sirkulasi antar ruang dalam rumah anda. Pada fasad rumah modern bergaya klasik, umumnya model pintu yang digunakan adalah model dua daun yang dibuat dari besi. Tidak lupa juga pintu tersebut memiliki ornamen yang cukup rumit untuk kesan kemewahan dan memberikan nilai seni tinggi pada hunian. 

 

Selain tiga hal di atas, penting juga bagi anda untuk memikirkan pencahayaan pada bagian fasad rumah bergaya klasik. Sebab fasad rumah anda tidak hanya bisa dinikmati pada siang hari saja, namun pada malam hari juga. Apabila anda menggunakan pencahayaan yang tepat, maka detail ornamen pada fasad bisa terlihat lebih menonjol dan akan tampak lebih hidup serta memiliki desain arsitektur yang semakin indah untuk dipandang mata.

 

Anda bisa coba memberi pencahayaan dari bagian belakang objek atau dikenal dengan istilah backlight. Hal ini dilakukan untuk memberikan aksen kepada objek agar tampak lebih jelas dan tegas pada malam hari. Penting diingat juga untuk menyembunyikan sumber cahaya pada bagian belakang agar hunian anda tetap terlihat estetik.

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa rumah modern bergaya klasik memerlukan banyak ornamen dengan detail yang rumit. Oleh karena itu, agar bisa memiliki hunian impian dengan desain arsitektur yang sempurna, anda membutuhkan jasa konstruksi terpercaya untuk menangani proses pembangunan rumah anda. 

 

Rahasia Pembangunan Fasad Rumah yang Sempurna 

 

RUMAH KLASIK hadir sebagai perusahaan spesialis hunian klasik yang mengikuti kaidah arsitektur bergaya klasik Romawi. Tidak hanya menjadi kontraktor untuk membangun hunian impian anda saja, namun anda juga bisa berkonsultasi mengenai arsitektur rumah modern bergaya klasik dengan tim RUMAH KLASIK. 

 

Dengan pengalaman kurang lebih 24 tahun, tim RUMAH KLASIK mampu membuat perencanaan pembangunan rumah modern klasik impian anda, melakukan eksekusi, juga merancang desain eksterior serta interior hunian Anda. Tentunya RUMAH KLASIK pun akan melakukan konsultasi mendalam terlebih dahulu agar bisa menentukan hunian seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

 

Rumah Klasik sudah menjadi pioneer arsitek dan kontraktor hunian dengan tema klasik. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan pembangunan rumah modern bergaya klasik pada tim RUMAH KLASIK dan wujudkan kesempurnaan nyata pada hunian Anda. Segera kunjungi website Rumah Klasik untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Most read

Contact Us

Casa De Amore Building

Zona Amerika – Malibu – Kav B / 01

Kota Deltamas – Cikarang Pusat

Telepon: +62 816 191 6699

Email: marketing@rumahklasik.com

© 2024 Rumah Klasik

  Back to Top

Get Easly in Touch:

Contact Us

Casa De Amore Building

Zona Amerika – Malibu – Kav B / 01

Kota Deltamas – Cikarang Pusat

Telepon: +62 816 191 6699

Email: marketing@rumahklasik.com

© 2024 Rumah Klasik

All Rights Reserved

Compare Listings